Cara Membuat Kue Lapis Pelangi Enak

Resep Kue Lapis – Kue Lapis ialah salah satu jajanan khas indonesia yang masuk dalam kategori kue basah yang kenyal dan legit. Cara Membuat Kue Lapis sangat mudah dan praktis, karena tidak menggunakan bahan yang sulit dan cara penyajiannya sangat mudah meskipun memerlukan waktu yang agak lama.

Kue Lapis ialah salah satu kuliner kue khas indonesia. Kue basah ini dapat ditemui di pasar tradisional maupun toko kue yang ada di sekitar anda. Kue ini dibuat dengan cara dibentuk berlapis-lapis.ada beragam warna di dalamnya. Biasanya ada warna merah, hijau, kunig, putih, kuning, dan sebagainya. Sebagai jajanan khas indonesia, kue ini telah menjadi salah satu kue tradisional favorit keluarga Indonesia. Ada aneka resep kue lapis. Ada yang dibuat dengan tepung kanji, tepung sagu, tepung beras, dan beberapa tepung lain. Tentu saja rasa setiap kue yang berlapis-lapis tadi berbeda bergantung pada bahan-bahan dan tepung yang membentuknya. Resep kue lapis tepung beras menjadi salah satu favorit resep kue yang berlapis-lapis ini.

Cara membuat kue lapis yang terbuat dari tepung beras ini harus kita ketahui. Karena makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Hingga saat ini kue lapis masih merupakan jajanan yang laris manis di pasaran. Kue lapis, terkadang juga bisa kita temukan pada acara-acara semi resmi. Rasanya yang lembut dan manis ini juga merupakan salah satu hidangan yang pas untuk menemani kita saat bersantai bersama keluarga. Dengan membuatnya sendiri, maka Anda bisa menggunakan bahan yang lebih aman. Berikut ini resepnya.

Cara Membuat Kue Lapis
 
Prep time
Cook time
 
Bahan / Bumbu :
  • 800 ml santan kental
  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram tepung kanji
  • 2 lembar daun pandan, diikat
  • 350 gram gula pasir
  • 11/2 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh garam
  • Pewarna makanan hijau, kuning dan cokelat secukupnya
Cara Memasak :
  1. Cara membuat kue lapis yang pertama yaitu masak santan, kemudian masukkan pandan. Aduklah hingga mendidih, kemudian angkat dan saring pada wadah yang bersih.
  2. Lalu panaskan kembali, cukup dengan menggunakan api kecil. Masukkan gula pasir dan margarin kemudian aduk hingga rata dan gula larut, kemudian angkat.
  3. Pada tempat yang lain, campurkan tepung beras dan tepung kanji hingga rata.
  4. Kemudian tuanglah santan yang masih hangat pada campuran tepung tersebut aduk hingga menjadi adonan untuk kue lapis.
  5. Setelah tercampur rata, bagi adonan menjadi 3 bagian. Kemudian berilah pewarna yang berbeda pada masing-masing adonan tersebut, cukup dengan 2 tetes pewarna saja dan aduk hingga tercampur sempurna.
  6. Siapkan loyang , kemudian olesi dengan menggunakan minyak goreng. Tuang adonan 100ml untuk adonan kuning, lalu kukus selama 10 menit.
  7. Lalu, tuangkan adonan warna hijau dan cokelat. Kukus selama 30 menit, angkat dan biarkan dingin.

Baca Juga : Cara Membuat Pastel Isi Istimewa

Kue Pelangi yang Legit

Berbeda dengan Resep Martabak Telur yang berbahan utama telur. Kue yang dibuat berlapis-lapis dengan aneka warna. Tak percuma karena dengan lapisan-lapisan warna itu membuat kue ini disukai oleh anak-anak. Tidak hanya anak-anak sebenarnya yang menyukai kue ini. Orang dewasa pun akan menyukai kue berlapis-lapis ini. Bahan dasar untuk membuat makanan berlapis-lapis yang kenyal dan enak ini ialah tepung beras putih, tepung sagu, santan kelapa, dan gula pasir. Selain beberapa bahan utama tadi, kue ini juga akan terlihat lebih enak dipandang saat diberi beberapa warna dengan pewarna makanan.

Selain itu, penambahan daun pandan akan membuat aroma dan rasa kue berlapis-lapis ini lebih wangi. Semua bahan tadi dicampur menjadi satu lalu dibagi ke beberapa loyang. Jumlah loyang disesuaikan dengan jumlah warna yang anda inginkan. Pewarna yang digunakan ialah pewarna makanan. Setelah perwarna tercampur rata, warna adonan yang menjadi dasar akan dipanaskan lebih dulu hingga setengah mmatang barulah ditambahkan adonan warna lain di atasnya.

Gizi dalam Kue Pelangi

Tepung beras putih, tepung kanji, gula pasir, serta santan yang menjadi bahan utama pembuatan kue yang berlapis-berlapis ini tentunya mengandung banyak gizi yang baik bagi tubuh anda. Tepung beras putih dan tepung kanji yang menjadi bahan paling utama mengandung gizi yang tidak jauh berbeda. Keduanya mengandung energi yang tinggi, protein nabati, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Santan kelapa yang menyebabkan kue ini lebih gurih dan lembut saat masuk ke mulut juga mengandung serat dan kalsium yang dapat dijadikan sebagai antioksidan. Jadi saat Anda memakan kue yang berlapis dan berwarna-warni ini, tubuh Anda akan mendapatkan manfaat dan gizi dari semua bahan pembentuk Kue Lapis ini.

Dengan demikian cara membuat kue lapis sudah selesai dan Anda bisa menghidangkannya. Untuk menghidangkan pada sebuah acara, maka akan lebih baik jika Anda memotongnya dengan ukuran kurang lebih 8 ml. Kemudian bungkus dengan menggunakan plastik transparan. Kue ini bisa Anda hidangkan untuk acara rapat, arisan, pengajian atau acara semi resmi seperti pada acara pernikahan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *