Cara Membuat Kue Nastar

Resep Indonesia – Kue Nastar ini begitu disukai oleh siapa pun baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Dengan cita rasanya yang renyah dan manis itu, kue nastar cocok disantap di mana pun

Kue nastar selalu menjadi kue pilihan keluarga. Dengan cita rasanya yang begitu lezat, kue nastar ini memikat banyak orang di setiap kalangan maupun generasi: baik anak-anak maupun dewasa, keduanya begitu menyukainya. Jika kita melihat di jagat pasar kue di Indonesia maka kue nastar selalu saja menempati di urutan teratas dalam penjualannya. Di samping rasanya yang begitu gurih, nastar ini juga memiliki variasi rasa yang membikin lidah serasa dimanjakan. Omzet kue nastar dan renyah ini bisa meroket seiring dengan datangnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Cara Membuat Kue Nastar Renyah Spesial Lebaran. Kue nastar merupakan salah satu kue kering yang biasa disajikan saat lebaran. Bentuknya pun cukup beragam, ada yang berbentuk bulat ada yang berbentuk bunga matahari dan lain sebagainya. Untuk masalah bentuk Kue Nastar ini, setiap orang bisa mengkreasikannya sesuka hati. Salah satu ciri khas dari kue nastar itu sendiri adalah selai nanas yang ada di dalamnya atau di luarnya tergantung dari bentuk kue nastar. Selai nanas ini menambah kelezatan dan rasa manis dari kue nastar.

Kue nastar termasuk kedalam Resep Kue Kering yang bisa bertahan hingga beberapa bulan. Selain itu, kue nastar juga banyak disukai hampir setiap kalangan karena rasanya yang renyah dan gurih. Bagi pencinta kue nastar, tentu Anda harus mengetahui cara membuat kue nastar dengan mudah. Sehingga, Anda tak perlu repot membeli dan menyiapkan kue lebaran dengan memesannya di toko kue. Karena Anda cukup membuatnya di rumah dengan praktis tanpa harus mahal-mahal membelinya. Kue nastar juga tergolong praktis dan tidak ribet dalam pembuatannya.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana Nastar. Berikut ini penjelasannya!

Cara Membuat Kue Nastar
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • Bahan-bahan yang digunakan:
  • 3 butir kuning telur
  • 180 gram tepung terigu
  • 160 gram margarin
  • 30 gram keju cheddar
  • 150 gram margarin
  • ½ sdt garam
  • Kuning telur secukupnya untuk bahan olesan
  • Bahan untuk selai nanas:
  • 125 gram gula pasir
  • 3 cm kayu manis
  • 5 butir cengkih
  • 1 buah nanas, parut
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama campur dan kocok margarin beserta telur sampai mengembang.
  2. Setelah itu, masukan maizena dan tepung terigu lalu aduk kembali hingga merata.
  3. Masukan garam dan keju edam yang diparut. Aduk kembali hingga adonan kalis.
  4. Setelah adonan mudah dibentuk, maka ambil sebanyak 1 sdm adonan, kemudian isi menggunakan selai nanas dan bentuk bulat. Lakukan cara ini sampai adonan habis lalu letakkan adonan yang telah dibentuk ke dalam loyang.
  5. Kemudian oleskan bagian atas adonan dengan menggunakan kuning telur, lalu taburi atasnya memakai keju cheddar.
  6. Setelah semua adonan diolesi telur dan ditaburi keju cheddar, maka langkah selanjutnya panggang adonan yang telah tersusun rapi pada loyang tadi ke dalam oven dengan suhu sebesar 160 derajat celcius selama 15 menit.
  7. Setelah kue matang, dinginkan terlebih dahulu lalu susun pada toples.

Cara membuat selai nanas:

  1. Pertama-tama bersihkan nanas terlebih dahulu dari kulitnya. Kemudian parut nanas sampai seperti adonan selai.
  2. Setelah itu, masak nanas parut tadi dengan cengkeh, gula putih dan kayu manis hingga mengering.

Lihat Juga : Resep Kue Nastar Keju Praktis dan Mudah

Kue Nastar, Kue Keluarga

Banyak orang mengidentikkan kue nastar dengan kue rumahan. Hal ini memang betul adanya, mengingat kue nastar sangatlah mudah dibikin secara mandiri di kalangan keluarga. Biasanya, tatkala Idul Fitri menjelang, kue nastar selalu menjadi pemandangan “wajib” di atas meja rumah. Biasanya pula sanak saudara maupun kolega juga selalu senang untuk menikmati nastar sebagai selingan bincang hangat di rumah. Apalagi, jika terdapat minuman teh hangat sebagai “teman” minum dikala mencicipi nastar pastilah hal tersebut tak ada duanya.

Kandungan Gizi Kue Nastar

Jangan hanya melihat dari sajian maupun rasanya saja yang begitu gurih dan renyah, kue nastar juga mangandung banyak gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Hal itu tampak pada resep kue nastar yang lezat yakni tepung terigu, gula, buah-buahan (nanas, apel, atau lainnya), keju, dan lain sebagainya. Zat-zat seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak nabati pun bercampur padu di dalam nastar. Dengan demikian, nastar dapat dinamakan kue serbaguna; sebab ia memilki manfaat yang begitu luar biasa.

Jika kita tak mau direpotkan oleh pembuatannya karena tak memiliki waktu yang leluasa, maka kita bisa memesan kue nastar di toko kue atau pun di industri rumahan di dekat rumah. Tak perlu khawatir ihwal harga kue nastar. Sebab, kue yang sangat lezat itu biasanya hanya dipatok puluhan ribu rupiah. Itu pun bisa ditawar dengan kultur negosiasi. Demikianlah, ulasan singkat tentang kue nastar.

Nah, bagaimana cara membuat kue nastar di atas? Sangat mudah dan praktis untuk dicoba bukan?

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *