Cara Membuat Omelet

Omelet merupakan salah satu kuliner yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia karena pembuatannya yang praktis atau mudah, gizi yang luar biasa, dan rasanya sungguh menggugah selera Dan Cara Membuat Omelet Sayur Sederhana tidaklah sulit untuk dibuat. Selain baik untuk diet, omelet sayur juga baik untuk kesehatan. Terutama bagi mereka yang susah makan sayur, khususnya anak-anak.

Omelet begitu terkenal di santero dunia karena ia merupakan makanan favorit siapa pun. Biasanya, makanan ini disajikan tatkala pagi hari sebagai sarapan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membikin kuliner dari telur ini dengan enak dan bisa menggoda lidah. Tiap negara di dunia juga memiliki cara khusus untuk membuat kuliner dari telur ini dengan baik dan variatif. Oleh sebab itu, kulineratau omelet telur inilah yang boleh dikatakan “makanan sepanjang zaman” karena rasa dan variasi pembuatannya pun beraneka ragam karena tiap zaman memilki kreativitas pembuatan yang berbeda-beda.

Semua orang suka memakan ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Omelet Sayur sebenarnya berasal dari telur dadar. Hanya saja, seiring berjalannya waktu dan perkembangan peradaban, muncul berbagai inovasi olahan masakan. Seperti dadar gulung yang semula hanya berisi kelapa parut dan gula cair, kini muncul dadar gulung isi pisang coklat. Bahkan ada dadar gulung rasa keju. Ah, kuliner Indonesia memang tak pernah habis kreasi. Lama-lama mungkin ada dadar gulung rasa durian, sama halnya dengan omelet. Omelet pun mengalami inovasi dalam penyajiannya. Cara membuat omelet ini tetaplah mudah.

Omelet kini tidak hanya sebatas Telur yang didadar. Para koki tengah berinovasi dengan makanan yang satu ini sehingga hadir omelet dengan berbagai isi. Terdapat pula omelet isi sayur. Yap, sayuran yang notabene kurang disukai orang akan menjadi berbeda ketika disajikan dalam omelet. Rasa telur yang enak akan membuat orang lupa bahwa ada Sayuran di dalamnya. Selain itu, omelet sayur ini cocok untuk Anda yang sedang diet dan sayuran sangat baik untuk kesehatan.

Cara Membuat Omelet
 
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • Telur ayam sebanyak 4 buah, kemudian di kocok
  • 1 ikat bayam. Petik daunnya kemudian cuci dan tiriskan
  • 2 buah kentang. Kupas kulitnya kemudian cuci bersih dan potong tipis-tipis
  • Garam dan merica secukupnya
  • Satu bawang bombay, potong dadu
  • 1 buah tomat kemudian potong dadu
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya
Cara Memasak :
  1. Panaskan minyak atau margarin untuk menumis.
  2. Masukkan tomat, bawang bombay, tumis sampai baunya harum.
  3. Masukan kentang dan bayam. Aduk hingga rata.
  4. Sisihkan tumisan.
  5. Masukkan tumisan bumbu ke dalam telur yang sudah dikocok.
  6. Panaskan lagi minyak atau margarin.
  7. Goreng adonan telur sampai matang. Untuk ukuran disesuaikan dengan selera.

Mudah bukan Cara Membuat Omelet Sayur Sederhana ini? Selain baik untuk diet, omelet sayur ini bisa menjadi cara Anda untuk membujuk anak-anak makan sayur, terutama bagi mereka yang susah makan sayur. Kandungan gizi yang tinggi dalam sayuran, menjadikan omelet sayur cocok disajikan di tengah-tengah keluarga.

Kandungan Gizi Omelet

Banyak gizi yang terkandung di dalam makanan yang berasal dari telur ini. Gizi yanga ada di dalamnya sangatlah berguna bagi kesehatan manusia. Beberapa gizi yang ada di dalam kuliner ini ialah: protein sebanyak dua gram, karbohidrat yang sebanyak satu koma empat gram, lemak sebanyak nol koma satu gram, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, satu makanan (omelet) ini bisa menghasilkan dua puluh kalori. Cukup banyak kalori yang terkandung di dalamnya. Karenanya, tak heran jika kita merasa berenergi setelah makan kuliner dari telur ini pada pagi hari.

Omelet: Kuliner Lintas Generasi

Sebetulnya kandungan makanan yang berasal dari telur itu bisa dicampurkan dengan sayuran sehingga bernama omelet sayur. Dengan ditambahkannya sayuran tersebut maka gizinya pun juga bertambah. Oleh sebab itu, makanan ini sangat disukai oleh setiap keluarga sama seperti menyukai Donat Kentang. Sebab, bagi mereka, makanan ini akan memberikan gizi yang sangat banyak bagi kesehatan. Selain itu, cara pembuatannya pun sangat praktis sehingga kita tak perlu repot untuk membuatnya. Bahkan, mahasiswa kos pun juga bisa membikinnya secara mandiri di indekosnya.

Karena makanan dari telur ini sangat diminati, maka janganlah heran jika di setiap pondok makan pastilah terdapat menu omelet dalam menunya. Sebab, banyak orang yang menyukainya. Biasanya, makanan ini akan banyak dipesan pada pagi hari sebagai makanan untuk sarapan. Sebab, dengan makan satu kuliner lezat ini energi pun akan bertambah.

Baca juga : Resep dan Bumbu Bistik Telur dan Resep Rendang Telur Bulat

Selamat mencoba dan berkreasi untuk keluarga!