Resep Dadar Gulung Klasik Isi Kelapa

Resep Dadar Gulung Klasik Isi Kelapa adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang sangat digemari. Biasanya kue dadar gulung berwarna hijau muda dengan isi parutan kelapa yang manis rasanya. Di pusat-pusat jajanan pasar tradisional atau toko-toko kue, harga dadar gulung tergolong murah, rata-rata dua ribu rupiah per bijinya. Resep Kue Basah ini biasanya menjadi hidangan wajib pada saat arisan atau acara-acara resmi di rumah atau kantor, karena bentuknya yang elegan dan menarik serta rasanya yang enak.

Resep dadar gulung ada beberapa macam, namun satu dengan lainnya tidak banyak berbeda. Bedanya hanya pada jenis isiannya saja yang sudah semakin banyak variasi. Dadar gulung klasik biasanya memiliki isian parutan kelapa manis atau biasa disebut tenten. Sementara variasi isian lainnya sekarang bermacam-macam, misalnya cokelat, cokelat pisang, pisang keju, bahkan buah-buahan dengan vla.

Berikut ini adalah resep dadar gulung klasik isi kelapa manis yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selain sudah umum dan banyak disukai, dadar gulung klasik ini juga menggunakan bahan-bahan pilihan yang sehat dan aman. Cara membuat dadar gulung juga tidak sulit. Anda tinggal menyiapkan alat dan bahan yang akan dijelaskan di bawah ini, dan melakukan langkah-langkah sesuai petunjuknya.

Dadar Gulung Klasik Isi Kelapa
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan untuk kulit
  • 1 butir telor
  • ½ sdt garam
  • 30 mili air daun suji atau pandan
  • 150 mili santan dari setengah butir kelapa
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung kanji/tapioca
Bahan-bahan untuk Isi:
  • 100 gr gula kelapa/ gula jawa, sisir halus
  • Air secukupnya
  • 1 helai daun pandan
  • ½ sdt garam
  • 200 gr kelapa parut kasar (parut memanjang)
  • Minyak secukupnya
Cara Memasak :
  1. Siapkan plastik pembungkus, selotip, dan Loyang atau piring. Atau apabila Anda membuat adonan dan isi tidak begitu banyak dan akan langsung di konsumsi tidak memerlukan plastik pembungkus dan selotip.
  2. Setelah semua kulit dadar gulung siap, letakkan lembaran kulit dadar gulung satu per satu dia atas loyang, piring atau talenan, kemudian masukan isi dadar gulung yang sudah jadi di tengah lembaran secukupnya (biasanya satu sampai dua sendok makan), lipat-lipat bagian sisinya kemudian gulung kencang namun jangan sampai pecah. Setelah tergulung rapi, letakkan bagian lipatan di bagian bawah kemudian letakkan di piring. Sebaiknya gulungan yang diletakkan di piring jangan sampai tertumpuk karena bisa lengket satu sama lain. Apabila akan ditumpuk dan disajikan untuk keperluan pesta atau arisan sebaiknya di gulung lagi dengan menggunakan plastic bening kemudian di selotip.
  3. Dadar gulung isi kelapa manis siap disajikan.

Cara membuat isi Dadar Gulung Klasik Isi Kelapa:

  1. Campur semua bahan lalu tuang ke dalam penggorengan dengan minyak sedikit saja. Panaskan dengan api sedang. Api yang terlalu besar akan membuat isian dadar gulung menjadi matang tidak merata, bahkan terkadang ada bagian yang telah gosong dan ada pula bagian yang masih mentah.
  2. Terus aduk rata hingga bahan isi menjadi cukup kering.
  3. Setelah bahan isi menjadi cukup kering, matikan kompor dan sisihkan hingga dingin di dalam mangkuk yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah dingin, bahan siap digunakan.

Cara membuat kulit Dadar Gulung Klasik Isi Kelapa:

  1. Kocok telur, masukan garam, santan, air, terigu, tapioca dan aduk hingga tercampur sempurna. Adonan yang tercampur rata akan menentukan kesuksesan dalam membuat kulit dadar gulung. Kadar air dalam adonan harus pas agar tekstur mudah untuk dilipat. Karena apabila adonan terlalu encer, maka akan terlalu tipis dan kemungkinan mudah robek. Namun apabila adonan terlalu kental maka yang terjadi adalah kulit akan menjadi tebal dan tidak elastic.
  2. Siapkan wajan datar untuk membuat kulit. Atur kompor pada api kecil agar tidak terlalu panas dan panas dapat merata ke semua permukaan wajan. Hal ini dilakukan agar adonan yang di tuang ke dalam wajan tidak cepat gosong.
  3. Tuangkan adonan sesuai dengan lebar kulit dadar gulung yang diinginkan. Untuk meratakan adonan bisa dilakukan dengan menggoyangkan wajan dengan perlahan dengan gerakan memutar searah atau berlawanan jarum jam atau bisa juga diratakan menggunakan spatula. Apabila ada celah yang tidak terkena adonan atau berlubang bisa di tambahkan sedikit adonan dengan menggunakan sendok. Lanjutkan terus sampai adonan habis.

Baca Juga : Resep Kue Talam Singkong dan Cara Membuat Kulit Lumpia

Membuat kulit dadar gulung biasanya agak sulit untuk para pemula. Walaupun sebenarnya jarang yang gagal karena bahan kulit dadar gulung sendiri mengandung santan yang membuatnya tidak gampang lengket. Jika Anda ragu-ragu, Anda bisa mengoleskan margarine atau minyak pada penggorengan yang Anda gunakan agar tidak lengket. Jika di rumah Anda tidak tersedia teflon, Anda juga bisa membuat dadar gulung isi kelapa menggunakan wajan biasa. Syaratnya, cukup diolesi sedikit minyak sebelum menggoreng.