Resep Donat Kampung Rumahan Enak

Resep Donat Kampung Rumahan yang Enak sebenarnya cukup sederhana, bahannya mudah diperoleh dan cara pembuatannya juga simpel. Meskipun disebut donat kampung, namun Donat ini tidak kampungan.

Ketika Anda jajan di warung kelontong atau ketika sedang makan di angkringan, pernahkah Anda melihat Kue Donat ? Atau mungkin tidak sekedar melihat, tapi pernah memakannya? Donat itulah yang biasa disebut dengan donat kampung. Disebut donat kampung karena donat ini dijajakannya di kampung-kampung dengan menyasar target masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah. Selain itu bahan yang digunakan juga bahan-bahan yang mudah ditemukan di berbagai tempat seperti toko dan swalayan, dan cara pembuatannya pun juga sederhana. Resep donat kampung Rumahan yang Enak sederhana ini sebenarnya tidak sulit, hanya saja jika Anda tidak tahu resepnya Anda tidak akan berhasil membuat donat kampung yang enak.

Banyak orang mencoba membuat donat kampung sendiri di rumah, tapi hasilnya Donat tidak bisa mengembang, bulatan juga tidak sempurna, rasanya tawar, bagian dalam kue masih mentah, dan kegagalan-kegagalan lainnya. Kegagalan tersebut sering kali membuat orang frustasi dan berfikir bahwa Membuat Donat tidaklah mudah, padahal seharusnya kegagalan itu memotivasi mereka untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang Cara membuat donat kampung dengan baik sehingga usaha mereka akan berhasil. Resep donat kampung agar hasilnya tidak kampungan, enak dan lezat sebagai berikut.

Bahan yang digunakan untuk membuat donat kampung sebenarnya mudah ditemukan di toko-toko atau swalayan sekitar Anda, berikut admin Resep Masakan Indonesia menjelaskan kepada Ibunda tentang Cara Membuat donat kampung tersebut lengkap dengan takaran komposisinya:

Resep dan Bahan Donat Kampung
 
Prep time
Cook time
 
Bahan / Bumbu :
  • 600 gr tepung terigu, untuk hasil terbaik gunakan campuran terigu cakra dan terigu segitiga biru dengan perbandingan 5 : 1.
  • 60 gr susu bubuk
  • 120 gr gula pasir
  • 4 butir telur diambil kuningnya saja.
  • 2 sdt fermipan atau ragi instan lainnya
  • 100 gr mentega
  • 250 cc air hangat
  • 1 sdm butter
  • Meses atau gula bubuk untuk finishing
  • Minyak goreng
Cara Memasak :
  1. Buatlah adonan donat kampung dengan mencampurkan tepung terigu dan susu terlebih dulu, campur dengan tangan secara manual hingga keduanya tercampur rata.
  2. Masukkan gula, mentega, kuning telur ke dalam adonan lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan mixer hingga tercampur sempurna dan adonan menjadi kalis. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 menitan dengan mixer kecepatan sedang. Namun bila tidak ada mixer, Anda bisa menguleninya pakai tangan hingga adonan tidak lengket dan tidak mudah sobek.
  3. Setelah adonan jadi, diamkan sekitar 30 menit agar mengembang. Untuk mempercepat proses pengembangannya, permukaan adonan bisa diolesi minyak goreng sedikit lalu ditutup menggunakan serbet.
  4. Setelah adonan mengembang, ambillah sedikit demi sedikit adonan lalu masukkan ke cetakan donat atau jika tidak ada cetakan bisa membuatnya dengan menggunakan tangan tapi hasilnya kurang bisa bulat sempurna. Adonan yang telah dibentuk, didiamkan sekitar 15 menit biar mengembang lagi.
  5. Adonan donat yang telah dibentuk dan telah mengembang selanjutnya digoreng dalam wajan dengan minyak yang banyak dan ditambahkan 1 sdm butter ke dalam minyak.
  6. Tiriskan donat yang sudah matang hingga minyaknya keluar. Donat yang sudah matang akan berwarna kuning kecoklatan.
  7. Donat yang telah dingin kemudian ditambah meses untuk topping atau dilumuri dengan gula halus sesuai selera Anda. Anda juga bisa menambahkan selai sebagai pengganti meses dan gula.
  8. Donat kampung yang lezat sudah siap untuk dinikmati, rasanya tidak kalah dengan donat branded.

Baca Juga : Resep Keripik Singkong dan Keripik Bayam

Donat kampung yang diolah dengan baik akan menghasilkan donat yang berkualitas dan tidak kampungan. Untuk membuat donat kampung menjadi tidak kampungan, Anda harus mempelajari Cara Membuat Donat Tepung Terigu  ini dulu. Selain untuk konsumsi pribadi, donat kampung juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif usaha. Namun untuk menjadikan donat kampung laku dijual, Anda harus pintar dalam membuat standarisasi mutu dan penampilan. Anda bisa menambahkan berbagai jenis topping sehingga konsumen lebih bebas memilih sesuai selera. Demikianlah resep donat yang dapat kami bagikan untuk Anda, selamat mencoba.