Resep Donat Ubi Jalar Rumahan Enak

Resep Donat Ubi Jalar Rumahan Enak merupakan resep istimewa yang memanfaatkan bahan-bahan yang relative murah menjadi suatu makanan yang lezat dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Resep donat ubi enak dan manis. Ubi merupakan salah satu sumber pangan yang memiliki karakteristik dasar yang manis meskipun tanpa ditambah gula dan teksturnya juga lembut jika direbus. Karakteristik tersebut membuat ubi bisa diolah menjadi berbagai jenis produk olahan makanan. Secara sederhana olahan ubi biasanya digoreng atau direbus saja, namun untuk meningkatkan nilainya, ubi dapat diolah menjadi aneka kue, misalnya kue donat ubi.

Akhir-akhir ini, selain Donat Apel dan Donat Goreng Isi Coklat, donat ubi sudah mulai dikembangkan sebagai ladang bisnis karena lebih menguntungkan sebab dengan menggunakan bahan dasar ubi bisa mengurangi ketergantungan terhadap tepung terigu dan karena rasanya yang sudah manis sehingga kebutuhan gula untuk campurannya juga semakin berkurang, selain itu rasanya juga tidak kalah dengan Kue Donat Biasa sehingga lebih menguntungkan. Namun untuk membuat donat ubi yang enak Anda perlu mempelajari resep membuat donat ubi yang yummy.

Resep donat ubi yang rasanya yummy sebenarnya cukup sederhana, kuncinya terletak pada kualitas ubi yang digunakan. Pilihlah ubi Jalar yang sehat, tidak ada penyakit cirinya ketika dibelah tidak ada bintik-bintik hitam di daging ubinya, sehingga ubi terlihat bersih. Ubi yang bisa digunakan untuk membuat donat adalah ubi jalar baik yang warnanya putih, orange, atau ungu. Warnanya ubi tersebut akan mempengaruhi penampilan donat ubi, namun kualitas rasanya sama saja. Untuk membuat donat ubi yang enak, berikut Resep Donat Ubi Jalar Rumahan yang Enak dan Spesial untuk anda.

Resep dan Bahan Donat Ubi Jalar
 
Prep time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • 300 gram ubi jalar yang dikukus
  • 200 gram tepung terigu
  • 60 gram susu bubuk
  • 2 butir telur diambil kuningnya
  • 11 gram ragi aktif atau fermipan
  • 60 gram gula pasir
  • 30 gram mentega
  • ½ sendok teh garam
  • Air secukupnya
Cara Memasak :
  1. Langkah pertama adalah proses penyiapan ubi. Perlu Anda ketahui bahwa ubi yang digunakan bukan ubi yang masih mentah. Tapi Anda harus mengukus ubi hingga matang.
  2. Setelah itu, ubi tersebut dihaluskan dengan menggunakan kayu roll. Anda harus memastikan agar ubi benar-benar telah hancur sempurna. Sehingga, tidak akan ada gumpalan ubi yang masih tersisa.
  3. Langkah selanjutnya adalah mencampur bahan donat ubi, khususnya adalah resep yang digunakan untuk membuat adonan kue. Bahan-bahan yang dicampur tersebut adalah tepung terigu, susu bubuk, kuning telur, ragi, gula pasir, mentega, garam, sedikit air, serta ubi yang telah dihaluskan.
  4. Jika adonan telah sempurna, Anda harus mendiamkan beberapa saat agar adonan mengembang sempurna, yaitu kurang lebih 35 menit.
  5. Langkah selanjutnya adalah membagi dan mencetak adonan menjadi beberapa bagian. Usahakan agar setiap bagian memiliki ukuran yang sama, yaitu sekitar 50 gram.
  6. Jika Anda sudah membagi adonan, kini saatnya bagi Anda untuk mencetak bagian tersebut menjadi bentuk donat yang sempurna, yaitu bulat pipih dengan lubang di bagian tengah.
  7. Jika semua bagian sudah tercetak, letakkan semua calon donat di atas Loyang yang telah ditaburi sedikit tepung terigu. Taburan tepung terigu tersebut akan mencegah calon donat lengket atau melekat pada Loyang. Setelah itu, diamkan selama 25 menit.
  8. Langkah selanjutnya adalah menggoreng calon donat hingga matang. Jika donat sudah matang, Anda harus mengangkatnya dan kemudian meniriskannya agar minyak yang menempel pada donat tertiriskan.
  9. Jika semua calon donat telah digoreng, kini saatnya Anda memberikan topping pada donat-donat tersebut. Ada bermacam-macam topping yang dapat Anda gunakan, antara lain gula halus, coklat, coklat kacang, keju, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih salah satu sesuai selera Anda.

Untuk mendapatkan adonan yang pas aduk semua bahan menggunakan tangan. Untuk melakukan ini, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra. Hal ini karena proses ini harus dilakukan terus-menerus hingga adonan kalis. Ada harus memastikan bahwa tidak ada gumpalan yang masih tersisa. Selain itu, untuk proses penggorengan juga harus diperhatikan. Proses penggorengan ini membutuhkan ketelatenan Anda. Yeah, Anda harus memastikan bahwa lubang donat tidak tertutup saat proses penggorengan. Untuk itu Anda harus memegang sumpit dan menggunakannya untuk memutar-mutar bagian lubang donat. Lakukan hal tersebut hingga donat berwarna coklat keemasan.

Lainnya : Resep Keripik Kentang dan Mie Telur

Itulah Resep Donat Ubi Jalar Rumahan Enak dan cara pembuatannya. Dengan mengetahui Resep Donat yang yummy ini, Anda bisa meningkatkan kualitas nilai bahan pangan biasa menjadi sesuatu yang luar biasa dan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Anda dapat menjadikan donat ubi ini menjadi lahan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Dengan demikian, selain keuntungan kepuasan lidah bagi penikmatnya, donat ubi ini akan memberikan keuntungan secara ekonomis.