Resep Jajanan Pasar Kue Lapis Beras

Resep Jajanan Pasar – Siapa sih yang tidak mengenal kue lapis beras? Makanan tradisional dari tepung beras ini merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang dapat dikatakan sebagai jajanan pasar. Camilan yang satu ini memang sudah eksis sejak dulu dan sampai saat ini pun masih popular. Resep kue lapis beras ternyata gampang-gampang susah, dibutuhkan kesabaran untuk membuat lapis demi lapis sehingga terciptalah kue lapis yang cantik dan enak. Mungkin itu adalah ciri khas orang-orang zaman dulu membuat lapisan yang secara detil dan teliti.

Meskipun kue lapis beras adalah Resep Jajanan Pasar tradisional, tetapi jangan meragukan rasanya. Rasa manisnya tidak kalah dengan camilan-camilan zaman modern seperti sekarang ini. Dan yang lebih penting lagi, camilan tradisional lebih sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet maupun bahan kimia seperti camilan-camilan kemasan. Camilan-camilan jadul seperti inilah yang seharusnya dilestarikan sampai anak cucu kita kelak. Nah, daripada berbicara teori terus menerus, langsung saja simak apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis beras beserta langkah-langkah pembuatannya.

Jajanan Pasar Dari Resep Kue Lapis Beras
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • Tepung beras putih 350 gram
  • Tepung sagu 125 gram
  • Gula pasir 350 gram
  • Santan kelapa 1,5 liter
  • Daun pandan 2 lembar
  • Pewarna makanan warna hijau dan merah secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Memasak :
  1. Campurkan santan, garam, dan daun pandan kemudian rebus dengan api sedang diambil diaduk terus-menerus agar santan tidak pecah. Aduk sampai mendidih.
  2. Di dalam wadah, masukkan tepung beras, gula pasir, dan tepung terigu, campur sampai rata.
  3. Masukkan santan yang sudah mendidih tersebut ke dalam adonan tepung sambil diaduk sampai rata
  4. Adonan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu untuk bagian warna merah, warna hijau, dan satu adonan tidak diberi pewarna dibiarkan berwarna putih. Kemudian beri pewarna pada masing-masing bagian tersebut.
  5. Panaskan kukusan, yaitu sampai air di dalam panci kukusan mendidih. Masukkan satu loyang adonan ke dalam kukusan, kemudian tutup. Penutup dilapisi kain agar uap air dari penutup tidak jatuh ke adonan lapis. Kukus sampai setengah matang.
  6. Setelah adonan lapis sudah setengah matang, maka Anda dapat memasukkan adonan dengan warna lain. Tutup, lalu tunggu sampai setengah matang. Lakukanlah terus menerus sampai adonan habis.
  7. Setelah matang semuanya, maka kue lapis beras dapat dipotong sesuai selera.
  8. Kue lapis beras dapat disajikan.

Selesai sudah membuat kue lapis beras sebagai resep tradisional ini. Memang caranya gampang-gampang susah, karena ini memerlukan waktu yang cukup. Terutama dalam membuat lapisan demi lapisan dibutuhkan kesabaran sampai adonannya habis. Jika Anda mempunyai dua kukusan, maka bisa disambi membuat dua kue sekalian, sehingga dapat menghemat waktu. Tetapi justru inilah uniknya ciri khas membuat kue lapis, jadi memerlukan tahapan yang detil.

Jika pada Resep Jajanan Pasar Kue Lapis Beras diatas menggunakan pewarna merah dan hijau, sebenarnya itu adalah opsional. Anda bisa memilih warna apapun, misalnya warna coklat atau kuning sesuai selera. Akan lebih nikmat lagi jika pewarna makanan tersebut tidak hanya memberikan efek warna saja tetapi juga efek rasa. Misalnya untuk warna merah ada efek rasa prambos, warna hijau rasa pandan, warna kuning rasa durian, dan sebagainya. Jadi kue lapis tersebut meskipun kue tradisional tetapi citarasanya sesuai dengan lidah orang zaman sekarang.

Mengenai berapa jumlah lapis per kuenya, itu juga opsional, ada yang sampai 10 lapisan tetapi ada juga yang hanya 6-8 lapisan saja. Itu sesuai dengan kebutuhan. Bahkan Anda bisa mencampurkan segala warna dan rasa dalam satu kue lapis, sehingga rasanya memang beraneka ragam serta warnanya seperti pelangi. Jika sekali Anda bisa membuatnya maka dijamin Anda ingin membuat lagi. Anda bisa membuatnya untuk acara- acara Anda pribadi atau menerima pesanan dari orang lain.

Memang kue lapis ini tidak selalu ditemukan di acara-acara, biasanya mudah ditemukan pada acara yang sifatnya masih tradisional dan mudah ditemukan sebagai jajanan pasar. Oleh sebab itu, daripada Anda kesulitan mencari ketika membutuhkan, maka akan lebih baik membuatnya sendiri dengan berpedoman pada resep kue lapis beras diatas. Resep yang baru saja Anda ikuti adalah versi dasarnya saja dan hasil akhirnya nanti juga secukupnya. Jadi jika Anda ingin membuat kue lapis dalam jumlah banyak Anda bisa membuatnya berkali lipat masih dengan pedoman pada resep tersebut.

Baca Juga : Resep Kue Lapis Mandarin dan Resep Kue Lapis Susu

Nah, itulah pedoman Resep Jajanan Pasar Kue Lapis Beras serta berbagai informasi seputar kue lapis beras yang mungkin Anda butuhkan. Jangan ragu untuk melestarikan jajanan pasar ini karena jika bukan kita yang melestarikan, lantas siapa lagi? Anak cucu kita jangan hanya disodori makanan cepat saji dan camilan kemasan saja, tapi ajaklah mereka mengenal makanan tradisional yang tentunya sehat dan tidak kalah enak dengan makanan-makanan cepat saji maupun camilan kemasan.