Resep Kue Kering Lidah Kucing Sederhana

Resep Kue Kering Lidah Kucing Sederhana – Kue lidah kucing merupakan panduan dalam membuat kue lidah kucing yang nikmat yang dapat dinikmati sebagai penganan sore hari ditemani secangkir teh. Bahan-bahan utama pada kue lidah kucing menjadikan kue ini termasuk kue yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Dari karbohidrat, protein, semua ada. Gizi yang terkandung di tiap potongannya.

Anda pasti sudah tahu dengan kue lidah kucing. Kue yang kerap tersaji pada saat hari raya seperti lebaran tentu saja menggugah selera Anda untuk mencicipinya. Tapi, apakah Anda tahu Resep Kue Kering Lidah Kucing? Berikut beberapa bahan dan langkah dalam pembuatan kue lidah kucing yang siap menggoyang lidah Anda. Sesuai untuk teman Anda menonton TV atau untuk sajian saat hari special Anda.

Kue Lidah Kucing memang selalu terdengar unik. Konon penamaannya dikarenakan bentuk kuenya yang mirip lidah seekor kucing yang ingin mencicipi kue yang baru saja diangkat seorang pencipta kue ini dari oven. Rasanya manis dan renyah. Tentu saja, dengan cita rasa yang demikian, kue lidah kucing menjadi salah satu kue favorit keluarga Indonesia, yang hadir baik untuk cemilan sehari-hari atau disajikan di hari istimewa seperti lebaran. Tersedia dalam banyak varian rasa, salah satu yang paling digemari adalah kue lidah kucing keju.

Kue ini dikenal relatif lebih susah dibuat, ketimbang kue kering lainnya. Namun seperti pepatah lama, semakin panjang dan menantang prosesnya, semakin puas lah kita dengan hasilnya. Apalagi jika hasilnya sesuai dengan harapan kita. Nah, tahukah Anda jika kue lidah kucing juga memiliki kandungan gizi yang tak sedikit?

Gizi pada Kue Lidah Kucing

Secara umum, kandungan yang berada pada kue lidah kucing tak berbeda dari kue-kue kering lainnya. Kandungan dalam kue nastar, kue lidah kucing coklat misalnya, tersusun atas bahan-bahan utama yang ada di dalamnya. Dalam tepung terigu yang menjadi bahan utama pembuatannya, terdapat karbohidrat yang banyak. Dengan karbohidrat yang banyak, konsumsi orang terhadap kue lidah kucing akan berpengaruh terhadap ketersediaan tenaga orang tersebut. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar atau banyak, pasti kita akan merasakan kekenyangan seperti kita seusai mengkonsumsi Nasi atau mie, yang keduanya memang sumber karbohidrat utama orang Indonesia. Namun bagi Anda yang mengalami kondisi tubuh obesitas atau kelebihan berat badan, sebaiknya Anda menjaga konsumsi kue lidah kucing agar tidak berlebihan dan malah nanti membahayakan tubuh Anda.

Kuning dan putih telur yang dipakai sebagai pengembang juga menyumbang kandungan gizi yang cukup tinggi bagi kue lidah kucing ini. Rasa gurih juga didapat dari pemanfaatan telur ini. selain memberi rasa khas, telur juga dikenal memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Kebaikan itu disebabkan oleh tugas utama protein yaitu mengganti sel-sel tubuh yang mati, sehingga kue lidah kucing baik dikonsumsi oleh remaja dalam masa pertumbuhan. Ada banyak gizi yang terkandung dalam sepotong kue lidah kucing.

Dalam proses pembuatan kue lidah kucing memang terlihat sedikit rumit. Dibutuhkan sedikit ketelatenan dalam membuat kue lidah kucing, namun hasil yang didapat sepadan dengan kerja keras saat proses pembuatannya. Berikut bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan resep kue lidah kucing.

Resep Kue Kering Lidah Kucing Sederhana
 
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • Tepung terigu sekitar 150 gr. Kemudian di ayak
  • Margarine sekitar 160 gr
  • Mentega tawar sekitar 40 gr
  • Keju parut sekitar 150 gr
  • Gula pasir halus sekitar 40 gr
  • putih telur sekitar 60 gr
  • loyang yang telah diolesi margarine secukupnya
Cara Memasak :
  1. Pertama sekali hal yang harus dilakukan adalah dengan mengocok adonan yang terdiri dari mentega tawar, margarine serta gula halus dengan menggunakan mixer selama 2 menit atau sampai halus tercampur rata. Kemudian masukkan putih telur dan kocok lagi sampai adonan mengembang.
  2. Lalu tambahkan tepung terigu berikut parutan keju kemudian adonan tersebut diaduk sampai dengan rata.
  3. Adonan yang telah tercampur rata kemudian dimasukkan ke dalam plastik yang berbentuk segitiga yang telah dilubangi ujungnya. Kemudian semprotkan adonan tersebut ke atas loyang khusus lidah kucing yang telah dipersiapkan. Untuk mempercantik tampilan kue lidah kucing dapat ditaburi kembali dengan keju parut.
  4. Langkah terakhir adalah dengan memanggang adonan tersebut di dalam oven sampai matang.

Bagaimana? Mudah bukan membuat kue lidah kucing. Ketika membuatnya pasti akan terjadi kegagalan, namun jangan berhenti untuk berusaha mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan petunjuk resep kue lidah kucing. Anda dapat menambahkan taburan lain seperti kismis atau buah-buahan kering. Selamat mencoba.