Resep Kue Lapis Mandarin

Resep Kue Lapis Mandarin – Aneka camilan yang manis-manis sering dibutuhkan ketika berkumpul bersama keluarga atau pada acara tertentu. Berbicara mengenai camilan yang manis-manis, salah satu yang menggugah selera adalah kue lapis mandarin. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membocorkan rahasia lezat Resep Kue Lapis mandarin dengan Lapis Coklat Enak yang bisa dicontoh oleh para pembaca dimana pun berada. Meskipun namanya mandarin, tetapi Kue Basah ini ada di Indonesia dan menjadi camilan khas Indonesia. Jadi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah bahan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar kita.

Kue lapis mandarin cocok disajikan untuk acara apa saja, baik yang formal maupun nonformal. Umumnya, orang akan menyukai kue lapis mandarin ini, karena rasanya yang manis dan juga legit. Jika ada snack dan salah satunya adalah kue lapis mandarin, pasti camilan yang satu ini tidak akan ditinggalkan. Artinya, terkadang ada seseorang yang tidak menghabiskan snack miliknya pada suatu acara sehingga ada jenis snack ya tersisa, tetapi ini tidak berlaku bagi kue lapis mandarin.

Keberadaan kue lapis mandarin selalu dinanti-nantikan. Jika Anda mempunyai suatu acara, sekiranya tidak perlu membeli kue lapis mandarin atau kue lapis susu. Untuk apa membelinya, jika Anda sendiri bisa membuatnya. Jika belum percaya diri dalam membuat dalam jumlah yang besar, Anda bisa mencobanya membuat satu resep kue lapis mandarin yang akan kami paparkan. Jadi, Anda bisa berlatih terlebih dahulu sebelum benar-benar membuat dalam jumlah banyak.

Resep Kue Lapis Mandarin
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • Tepung terigu protein sedang 80 gram
  • Cokelat bubuk 60 gram
  • Tepung maizena 10 gram
  • Telur ayam 6 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • Susu kental manis 1 sendok makan
  • Pasta cokelat 1 sendok makan
  • Margarin 150 gram, lelehkan
  • Emulsifier 1 sendok teh
  • Baking powder ½ sendok teh
Cara Memasak :
  1. Kocok telur dan gula pasir serta emulsier dengan mixer atau menggunakan kocokan manual sampai bahan-bahan tercampur dan mengembang dengan sempurna.
  2. Setelah itu, tambahkan cokelat bubuk, tepung terigu, dan tepung maizena sambil diayak. Masukkan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
  3. Kemudian, tambahkan susu kental manis, pasta cokelat, dan margarin yang sudah dilelehkan, kemudian aduk-aduk sampai rata.
  4. Siapkan loyang persegi panjang, olesi dengan margarin tipis-tipis dan taburi dengan sedikit tepung terigu. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah ditaburi dengan tepung.
  5. Panggang di dalam oven selama sekitar 25 menit dengan suhu tidak lebih dari 18 derajat celcius.

Cara membuat kue lapis mandarin Tahap 2:

  • Cara membuat kue ditahap kedua ini sama dengan tahap 1, hanya saja di tahap dua ini tidak dicampur dengan cokelat bubuk.
  • Setelah tahap dua matang, maka oleskan kue tahap 2 dengan selai nanas atau selai jeruk, kemudian ditumpuk dengan kue tahap 1.
  • Potong kue dengan ukuran sesuai selera, maka akan membentuk kue berwarna kuning dengan dan lapisan warna cokelat yang dibatasi dengan selai.

Itulah Cara Membuat Kue Lapis mandarin yang disajikan untuk Anda. Caranya mudah sekali bukan? Cara membuatnya sama seperti membuat cake coklat pada umumnya, hanya saja ini terdapat dua tahap yang harus dilaksanakan agar nantinya membentuk kue yang berlapis. Disini sebagai resep dasar adalah kue dengan warna kuning dan warna cokelat. Cara membuat antara tahap pertama dan tahap kedua pun sama, hanya saja memang pada tahap pertama adonan diberi tambahan cokelat, baik cokelat bubuk maupun pasta cokelat, sedangkan pada tahap kedua tidak.

Dari bahan-bahan yang harus disiapkan, Anda disarankan menggunakan tepung terigu protein sedang. Bagi Anda yang masih pemula, mungkin bertanya-tanya apa bedanya tepung terigu protein rendah, sedang, dan tinggi? Apa perbedaannya untuk membuat kue? Ini adalah pertanyaan yang sangat bagus, yang harus diketahui oleh seseorang yang akan berkecimpung dalam membuat kue.

Dimulai dari tepung terigu protein rendah, tepung jenis ini adalah tepung terigu yang mempunyai kadar protein kurang dari 11% dan kadar glutennya paling rendah. Tepung terigu protein rendah baik digunakan untuk membuat makanan atau camilan seperti biskuit dan Kue Kering, yaitu camilan yang tidak mengutamakan kekenyalan maupun volume. Camilan yang terbuat dari tepung terigu protein rendah bisa tahan lebih lama.

Berikutnya adalah tepung terigu protein sedang yaitu tepung terigu yang mempunyai kadar protein antara 11-12% dan kadar gluten sedang. Tepung terigu jenis ini banyak kegunaan, karena bisa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan dan camilan seperti roti manis, cake, Bolu, Brownies, dan lain sebagainya. Terakhir adalah tepung terigu protein tinggi, dimana tepung ini mempunyai kadar protein sekitar 13-14% dan digunakan untuk membuat makanan maupun camilan yang mengutamakan kekenyalan maupun volume. Camilan yang cocok adalah Mie, Donat, roti tawar, hot dog, kue sus, dan lain-lain. Nah inilah informasi tambahan dari resep kue lapis mandarin yang sudah diulas di atas.