Resep Kue Pancong Tradisional

Resep Kue Pancong – Resep kue pancong tradisional khas Betawi akan semakin nikmat jika diberi tambahan keju atau bahan lainnya bisa membuat rasanya semakin enak dan gurih.

Kue pancong merupakan salah satu resep kue basah tradisional dengan rasa yang gurih dan lezat. Nama kue ini diambil dari bahasa asli Betawi karena memang kue ini merupakan kue tradisonal yang berasal dari Betawi. Resep kue pancong yang paling enak pada umumnya terbuat dari campuran tepung dan juga parutan kelapa dan dimasak dengan menggunakan tungku. Namun sayangnya, semakin modern kue tradisional yang rasanya gurih ini semakin terpinggirkan dengan kue-kue modern lainnya. Untuk Anda yang ingin mencoba membuat kue tradisional ini bisa mencoba resep yang akan diberikan ini.

Hal utama yang harus disiapkan untuk membuat resep kue pancong ini adalah bahan-bahan utamanya. Berikut bahan-bahan utama yang harus disiapkan.

Resep Kue Pancong Tradisional
 
Prep time
Cook time
 
Bahan / Bumbu :
  • 250 gr tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 250 gr kelapa yang sudah diparut
  • 600 ml santan kental
  • 1 buah keju yang sudah diiris tipis-tipis
Cara Memasak :
  1. Pertama campurkan kelapa parut dengan tepung dan sedikit garam. Bahan-bahan ini diaduk sampai merata dan menyatu.
  2. Setelah bahan tadi tercampur merata, langkah yang selanjutnya yaitu menambahkan santan yang sebelumnya sudah direbus. Memasukkan santannya juga jangan sekaligus, lakukan secara perlahan sambil diulet agar menyatu.
  3. Setelah semuanya tercampur dan membentuk adonan yang tidak terlalu encer, panaskan cetakan dan olesi dengan mentega.
  4. Siapkan cetakan dan masukkan adonan kue pancong dalam cetakan. Setelah setengah matang taburi keju diatasnya. Lalu, tunggu hingga matang, angkat dan sajikan.

Kue Pancong ini sudah dimodifikasi sedikit dengan menambahkan keju parut diatasnya. Sebenarnya tidak perlu ditambahkan keju hanya untuk membuat rasanya lebih enak dan juga lebih gurih. Selain keju, Anda juga bisa menambahkan taburan kacang tanah yang sudah dihaluskan ataupun bahan lainnya. Jadi, kue pancong semakin enak rasanya dengan tambahan bahan ini. Kue ini memang sangat cocok sebagai teman minum teh ataupun kopi di pagi ataupun malam hari.