Resep Kue Putu Ayu Mudah Dan Enak

Resep Kue Putu Ayu yang mudah dan enak. Apa yang terlintas di kepala Anda ketika mendengar kue putu? Mungkin Anda akan beranggapan jika kue putu merupakan kue yang memiliki gula merah di dalamnya dan biasanya didalam proses pemasakan menggunakan tabung yang berbunyi. Berbeda dengan kue putu ayu. Kue putu ayu merupakan Kue Basah yang memiliki tampilan yang cukup menarik dengan warna hijau pastelnya yang memanjakan mata. Bahkan dengan parutan kelapa di atasnya akan memberikan kesan kue basah yang satu ini memiliki cita rasa manis dan gurih.

Kue putu ayu memang merupakan salah satu kue basah yang memang menggunakan parutan kelapa sebagai topingnya. Dengan menggunakan parutan kelapa akan memberikan kue putu ayu ini rasa yang gurih dibandingkan tanpa menggunakan parutan kelapa. Terlebih lagi jika parutan kelapa ini sebelumnya telah mengalami proses pengukusan sehingga memberikan cita rasa yang semakin berwarna ketika dikonsumsi. Perpaduan rasa gurih dan manis memang sangat tepat dikonsumsi untuk bersantai bersama keluarga.

Untuk membuat Kue Putu Ayu Mudah Dan Enak ini memang diperlukan untuk mengetahui beberapa tips dan juga trik yang dapat digunakan sebagai salah satu pedoman untuk membuat kue putu ayu ini menjadi lebih berhasil dan juga tidak bantet. Kue putu ayu ini dibuat dengan cara dikukus. Dengan menggunakan kukusan tentu saja akan membuat uap air yang tidak dapat keluar akan berada di dalam panci sehingga akan menetes kembali. Hal inilah yang harus dihindari secepatnya agar tidak membuat adonan yang dikukus menjadi gagal.

Salah satu cara agar uap air tidak menetes ke dalam adonan adalah dengan memberikan serbet pada tutup panci yang digunakan. Dengan membungkus tutup panci dengan serbet, tentunya akan membuat uap air dapat terserap ke dalam serbet sehingga dapat menghindari terjadinya adonan yang terkena tetesan uap air. Jika tidak memiliki serbet, Anda dapat menggunakan kain yang benar-benar bersih.

Untuk menambah aroma pada resep kue putu ayu ini, Anda dapat memberikan potongan daun pandan yang diletakkan pada rebusan air di dalam panci. Dengan menggunakan daun pandan tentunya akan memberikan aroma yang cukup wangi. Untuk pewarna alami kue putu ayu ini, dapat juga menggunakan daun pandan, tetapi untuk memudahkan mendapatkan warna alami lebih baik menggunakan daun suji yang warnanya lebih cepat terlihat dibandingkan dengan daun pandan.

Langkah Mudah Resep Kue Putu Ayu

Berikut ini adalah cara membuat kue putu ayu yang mudah dipraktekkan dan juga dilakukan di rumah karena proses pembuatannya dapat dikatakan sangatlah sederhana:

Resep Kue Putu Ayu
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
  • 250 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sendok teh Emulsifier Kue
  • 300 gram Tepung terigu
  • 250 ml Santan Kental
  • Pasta pandan secukupnya atau dapat juga menggunakan air daun suji
  • 1 butir kelapa diparut
  • 1 sendok teh garam sebagai campuran kelapa parut
Cara Memasak :
  1. Resep kue putu ayu yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang digunakan. Jika ada yang belum diparut, dapat diparut lebih dulu. Atau perlu dilakukan penakaran bahan lagi agar bahan yang digunakan sesuai dengan resep sehingga dapat meminimalkan kesalahan yang terjadi ketika proses membuat kue putu ayu.
  2. Siapkan baskom berukuran sedang. Masukkan gula pasir, telur ayam dan juga emulsifier kue. Kocok menggunakan mixer atau dengan manual hingga dapat mengembang dengan sempurna. Untuk memastikan mengembang dengan sempurna dapat dilakukan dengan cara membalikkan baskom yang digunakan. Jika sudah mengembang maka adonan tidak akan tumpah.
  3. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung dan juga santan secara bergantian. Pastikan terus mengaduk sesering mungkin agar adonan menjadi lebih cepat rata. Pastikan jangan sampai ada adonan yang tidak tercampur dengan sempurna agar tidak terjadi kasus kue bantet.
  4. Jika semuanya sudah tercampur, Anda dapat memasukkan pasta pandan atau air daun suji yang digunakan sebagai pewarna alami. Aduk kembali hingga semuanya menjadi rata dan warnanya tidak terlalu mencolok.
  5. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan cetakan kue putu ayu yang sudah diolesi dengan menggunakan minyak. Hal ini bertujuan agar proses pengambilan kue putu ayu nantinya akan lebih mudah dilakukan sehingga bentuknya tidak rusak.
  6. Masukkan parutan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya di dalam cetakan kue putu ayu. Tekan-tekan hingga padat baru dapat dituangkan adonan hingga memiliki volume ¾ cetakan. Dengan mengisi cetakan tidak terlalu penuh memang bertujuan agar adonan tidak meluber ketika proses pengukusan nantinya.
  7. Kukus adonan yang sudah dalam cetakan selama 20 menit. Untuk memastikan sudah matang atau belum dapat ditusuk menggunakan lidi. Jika sudah matang, dapat langsung disajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Lapis dan Resep Donat Dunkin

Resep kue putu ayu ternyata sangatlah mudah dilakukan. Bahkan bahan yang digunakan juga sangatlah mudah dijumpai di sekitar kita. Rasa dari kue putu ayu memang memiliki ciri khas sendiri di mana kue basah yang manis tetapi juga memiliki rasa gurih dari santan yang digunakan. Variasi rasa yang ada di dalam kue putu ayu ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk kalangan masyarakat. Terlebih kue basah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi ketika sedang bersantai.