Resep Nasi Tumpeng Pilihan Untuk Acara Besar

Resep Nasi Tumpeng adalah olahan masakan tradisional Jawa yang biasa disajikan untuk berbagai peringatan penting dan juga kenduri. Olahan masakan ini kaya filosofi dan memiliki banyak kandungan gizi.

Resep Nasi Tumpeng Pilihan Untuk Acara Besar – Nasi tumpeng atau kita kenal sebagai tumpeng merupakan sajian atau hidangan nasi yang dibentuk kerucut dengan tambahan aneka macam bahan dan bumbu. Nasi tumpeng juga biasanya dilengkapi dengan banyak lauk pauk, hampir sama juga dengan Resep Nasi Kuning. Nasi tumpeng merupakan salah satu kuliner sekaligus warisan budaya leluhur di masyarakat Indonesia yang hingga saat ini masih populer. Nasi tumpeng sendiri sering disajikan saat ada acara-acara besar, seperti selamatan, syukuran, hingga acara besar lainnya. Nasi tumpeng sendiri asalnya digunakan sebagai hidangan ritual adat istiadat beberapa daerah di Indonesia.

Nasi Tumpeng merupakan salah satu masakan tradisional di Indonesia, khususnya Jawa. Nasi ini sering digunakan untuk melakukan berbagai perayaan penting atau untuk kenduri. Olahan nasi ini dibentuk kerucut menyerupai sebuah gunung. Gunung yang dimaksud adalah gunung mahameru tempat bersemayamnya para dewa-dewi. Bentuk kerucut pada olahan nasi ini biasanya dibentuk dengan nasi kuning. Ada juga yang menggunakan nasi putih biasa ataupun nasi uduk yang menjadikannya memiliki banyak variasi.

Nasi tumpeng sendiri umumnya berupa nasi kuning yang dibentuk seperti gunung. Tumpeng memiliki rasa yang gurih dan lezat yang sangat khas, membuat para pecinta kuliner tergugah selera makannya. Sama halnya dengan Nasi Goreng Ayam. Tumpeng juga biasa disandingkan dengan beraneka macam lauk pauk, seperti daging ayam, balado telur, Soto Ayam, tempe oreg, dan juga aneka lalapan segar. Sebagai sajian yang biasa dihidangkan saat acara khusus, pembuatan tumpeng pun terbilang cukup merepotkan, karena Anda harus melakukan dua tahap seperti tahap perebusan dan juga pengukusan. Resep nasi tumpeng kali ini, sebagai bahan referensi jika Anda ingin membuat nasi tumpeng untuk melangsungkan acara bersama keluarga di rumah Anda.

Ingin tahu bagaimana resep nasi tumpeng? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Resep Nasi Tumpeng Pilihan Untuk Acara Besar
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Pelajarilah!! Bagaimana Resep dan Cara Membuat Nasi Tumpeng Berikut Ini.
Author:
Recipe type: Resep Nasi
Cuisine: Indonesia
Bahan / Bumbu :
  • 200 gram beras ketan
  • 800 gram beras putih
  • 1 sdm kunyit, haluskan
  • 1200 ml santan kental
  • 4 lebar daun salam
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 2 batang serai
  • 1 lembar daun pandan
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama campur terlebih dahulu beras ketan dan beras putih, cuci dan bersihkan. Setelah itu tiriskan, dan kukus.
  2. Langkah kedua campurkan santan dan kunyit, lalu saring, buang ampasnya. Setelah itu masak dengan pandan, serai dan daun salam. Masukan garam dan masak terus sampai mendidih, setelah itu matikan api.
  3. Langkah selanjutnya, masukan beras tadi ke dalam air santan, lalu aduk sampai merata.
  4. Biarkan sampai santan meresap dan airnya surut, atau hingga beras menjadi seperti aron.
  5. Setelah itu tuang air perasan jeruk nipis, aduk sampai merata.
  6. Langkah terakhir kukus beras tadi hingga 20 menit. Lalu cetak nasi menggunakan cetakan tumpeng, dalam pencetakan tumpeng sebaiknya alasi dengan daun pisang terlebih dahulu pada ujung tumpeng yang lancip lalu poles dengan minyak sayur secukupnya agar tidak lengket.
Notes
Resep nasi tumpeng memang agak ribet, namun Anda tak perlu khawatir karena bahan-bahan nasi tumpeng terdiri dari bahan-bahan yang praktis dan mudah didapat.
Nutrition Information
Calories: 150Kcal

Baca juga : Resep Nasi bakar ayam dan Resep Nasi Goreng Jawa

Filosofi Sebuah Tumpeng

Setiap kegiatan atau peristiwa biasanya akan menggunakan nasi tumpeng dengan jenis yang berbeda. Seperti untuk upacara siraman pada pernikahan adat jawa akan menggunakan jenis tumpeng robyong. Pembuatan nasi ini memiliki banyak filosofi di dalamnya. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk tampilannya maupun makanan apa saja yang mendampinginya.

Tampilan masakan ini adalah nasi berbentuk kerucut tersebut menjadi pusat dan diletakkan di tengah wadah. Kemudian di kelilingnya akan di letakkan aneka lauk. Penataan dan penggunaan lauknya pun memiliki aturan tertentu dan tidak boleh sembarangan. Lauk yang digunakan dianjurkan berisi makanan jenis dari hewan darat, hewan laut, dan sayur-sayuran. Lauk Nasi Tumpeng Komplit yang biasa menjadi pelengkap masakan tradisional tersebu adalah abon, perkedel, telur, ikan, bayam, kacang panjang, dan lainnya sesuai aturan.

Kandungan Gizi Tumpeng

Nah, dilihat dari jenis lauk yang menjadi pelengkap dan digunakan dalam Resep Nasi Tumpeng, tentu saja sudah dapat ditebak bahwa olahan masakan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik dan kaya manfaat seperti pada Donat Kentang. Aturan pemilihan lauk jika ditilik dari kacamata kesehatan juga sebenarnya mempertimbangkan nilai dan kandungan gizi pada satu olahan tumpeng yang akan di sajikan. Nasi sebagai makanan pokok sudah diketahui sebagai sumber karbohidrat dan sumber energi bagi tubuh. Kandungan energi pada tumpeng dapat mencapai 628 kj dan 150 kkal. Tumpeng ini juga memiliki kandungan lemak, baik yang jenuh maupun tak jenuh dengan jumlah kandungan lemak tak jenuh lebih banyak. Tentu saja hal tersebut akan bermanfaat bagi tubuh karena tidak menyebabkan beraneka penyakit.

Masakan tumpeng biasanya juga tidak mengandung kolesterol, sehingga tentu saja aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan peningkatan jumlah kolesterol dalam tubuh. Kandungan lain yang ada pada olahan tumpeng ini adalah serat, gula, kalium, sodium, dan tentu saja protein yang baik bagi tubuh. Tumpeng sebagai makanan yang selalu menarik karena rasa dan kelengkapan lauk-pauknya ini juga kaya akan nilai gizi yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi dan membuat olahan Nasi Tumpeng juga berarti kita nguri-nguri budaya Jawa, khususnya di bidang kulinernya.

Nah, itulah resep nasi tumpeng untuk acara-acara besar yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!