Resep Olahan Ayam Sosis Praktis

ResepIndonesia.Net (Resep Olahan Ayam Sosis) – Ada kalanya kita bosan dengan masakan daging ayam yang itu-itu saja. Ayam Goreng, Resep Ayam Bakar, Ayam Teriyaki, ayam sayur, semuanya seperti sudah biasa kita dengar. Wajar saja jika sesekali bosan melanda. Daripada Anda bingung sendiri, lebih baik cobalah untuk mencari alternatif resep berbahan ayam yang tampaknya masih asing Anda praktekkan. Sebagai contoh bagaimana jika membuat olahan ayam sosis lezat? Pasti kita semua sudah tahu jika sosis ayam yang dijual di pasaran itu banyak mengandung bahan kimia yang riskan bahayanya bagi tubuh. Dengan membuat sendiri resep sosis ayam ala Anda, maka sebenarnya Anda juga sudah memperkecil resiko penyakit pada tubuh Anda.

Meskipun tampaknya padat, kenyal, dan sulit dibuat, namun resep olahan ayam sosis sebenarnya tidak sulit dibuat, lho! Yang Anda butuhkan adalah pengetahuan akan teknik pembuatannya. Selebihnya baik dari segi bahan maupun alat memasak, sosis ayam tidak membutuhkan Anda untuk mencari bahan yang asing. Bumbu-bumbu dasar seperti merica dan garam adalah perasa alami Andalan yang akan memperlezat sosis ayamnya. Jangan minder dengan sosis ayam di pasaran yang memakai bahan-bahan aneh nan sulit dibaca, karena justru itu adalah bahan penyedap dan pengawet yang tidak ramah untuk tubuh. Jika ada waktu luang, lebih baik mari kita buat sosis ayam sendiri yang mudah ketika dimasak, namun bersaing dalam rasa.

Masih tidak percaya dengan resep olahan ayam sosis yang mudah dan lezat? Silahkan Anda buktikan dengan mempraktekkan resepnya di bawah ini versi ResepIndonesia.Net. Berikut resep dan cara membuat sosis ayam rumahan yang tidak sulit dibuat. Setelah bisa membuat sosis ayam ala Anda, pasti Anda akan berpikir dua kali ketika berniat membeli sosis ayam instan. Karena dari segi kesehatan, sosis homemade jelas lebih terjamin, pula dari segi rasa sosis rumahan juga tidak kalah ciamiknya.

Resep Olahan Ayam Sosis Praktis
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Resep Olahan Ayam berbentuk sosis sangat mudah dibuat. Karena sosis ayam adalah jenis makanan yang bisa tahan lama bila diawetkan, maka resep ini sangat fleksibel.
Author:
Recipe type: Resep Ayam
Cuisine: Indonesia
Bahan / Bumbu :
  • 600 gram daging ayam tanpa tulang
  • 150 gram es serut
  • 4 sendok makan tepung tapioca
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1 butir putih telur
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air es secukupnya
  • 2 Liter air
  • Casing sosis atau plastik es loli untuk membungkus
  • Plastik segitiga
Cara Memasak :
  1. Pertama, siapkan daging ayam tanpa tulang, cuci bersih dengan air. Setelah dicuci, Anda bisa menggilingnya dengan mesin penggiling ataupun jika akan memakai porsi kecil bisa dengan blender.
  2. Sisihkan daging ayam yang sudah digiling di dalam wadah. Bagi 150 gram es serut menjadi dua bagian. Setelah itu, campurkan satu bagian es serut dengan ayam giling, haluskan kembali menggunakan mesin penggiling atau blender.
  3. Setelahnya, tuang daging ayam yang sudah halus dan dingin ini dalam wadah. Campurkan bahan-bahan bumbu mulai dari bubuk bawang putih, merica bubuk, garam dan gula.
  4. Kentalkan adonan dengan tepung tapioca, aduk sampai rata. Selain mengentalkan, tepung tapioca juga akan membuat sosis memiliki tekstur yang kenyal.
  5. Tambahkan satu butir putih telur agar nantinya adonan tidak mudah pecah. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur, dan adonan resep olahan ayam Anda sudah jadi.
  6. Sekarang tinggal memasukkan adonan ke dalam plastik casing sosis. Plastik casing bisa Anda ganti dengan plastik wadah es loli yang memiliki bentuk panjang.
  7. Masukkan adonan sosis dalam plastik segitiga, tahan bagian ujung atas dengan tangan Anda sementara Anda membuat lubang di bagian sudut bawah. Semprotkan sedikit demi sedikit adonan sosis di plastik segitiga dalam plastik casing sosis.
  8. Ikat setiap sepuluh centi meter atau menurut selera Anda dengan benang sampai semua adonan habis.
  9. Saatnya merebus sosis Anda, siapkan satu panci air panas mendidih dengan api besar. Masukkan sosis untuk direbus hingga matang. Proses perebusan ini kira-kira membutuhkan waktu 30-40 menit.
  10. Jika sudah tampak matang, masukkan segera sosis dalam air es agar tidak melunak. Baru setelah dingin Anda bisa meniriskannya. Lepas ikatan benang resep olahan ayam sosis ayam buatan Anda.
  11. Dan sosis ayam Anda sudah siap digunakan. Anda bisa menyajikannya dengan cara langsung menggoreng sosis ayam dan menyantapnya dengan saus tomat. Atau, sosis ini juga bisa Anda masak sebagai campuran bahan sup ayam yang tentu saja sama-sama lezatnya.
Nutrition Information
Calories: 456Kcal

Baca Juga : Resep Tahu Telor Khas Malang

Resep olahan ayam berbentuk sosis sangat mudah dibuat. Karena Sosis adalah jenis makanan yang bisa tahan lama bila diawetkan, maka resep ini juga fleksibel sekali. Anda bisa menyimpan sebagian sosis ayam yang tidak langsung Anda makan di dalam freezer. Dalam kondisi beku, sosis ayam bisa tanpa pengawet aman digunakan dalam kurun waktu selang 1-2 minggu setelah dibuat.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *