Resep Putu Bambu Tradisional

Resep Putu Bambu Tradisional adalah kue putu yang terbuat dari tepung beras diisi gula jawa dan dikukus dalam potongan bambu kecil lalu ditaburi dengan kelapa parut. Kue putu bambu ini masih banyak yang menjual secara berkeliling sampai sekarang. Tanda tukang putu bambu lewat biasanya adalah bunyi nguung nguung yang khas. Anak-anak akan langsung tanggap dan mencari si putu bamboo atau Kue putu ayu ini. Selain karena memang rasanya enak, anak-anak biasanya penasaran dengan bambu yang ditata diatas lubang-lubang kaleng kukusan yang dibawa si penjual dan mengeluarkan bunyi saat mengukus. Harga putu bambu di penjual keliling tidak mahal, per bijinya hanya sekitar lima ratus sampai tujuh ratus rupiah.

Sama halnya dengan Resep Donat Kampung dan Jika Anda penasaran ingin membuat putu bambu sendiri, ada resep putu bambu tradisional yang mudah lho. Selain tidak susah pembuatannya, Anda bisa memilih bahan-bahan terbaik untuk putu bambu tradisional buatan Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan beras organic jenis pandan wangi yang lebih pulen dan harum untuk membuat putu Anda. Gula jawa atau gula merah juga Anda pilih sendiri, benar-benar gula kelapa asli tanpa campuran atau bisa juga dengan gula aren.

Cara membuat dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat putu bambu tradisional lezat dan bergizi bisa Anda simak sesuai petunjuk dibawah ini:

Putu Bambu
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan:
  • 250 gr beras organic jenis pandan wangi, mentik susu atau sesuai selera
  • Gula aren atau gula kelapa, disisir lembut
  • Garam halus secukupnya
  • Kelapa parut dari setengah butir kelapa muda, buang kulit arinya, kukus sebentar, taburi dengan garam halus secukupnya
  • Air daun pandan atau daun suji
  • Daun pisang untuk wadah secukupnya
Alat-alat yang digunakan
  • Wadah untuk merendam beras
  • Saringan dengan lobang-lobang agak besar
  • Blender dan saringan kain/kasa untuk daun pandan atau daun suji
  • Pengukus (dandang)
  • Penumbuk beras (bisa menggunakan lumpang atau ulegan biasa)
  • Bamboo untuk cetakan, kurang lebih sepanjang 5-7 cm dengan diameter 3 cm. Cuci bersih sebelum digunakan.
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama, untuk mendapatkan hasil resep putu bambu lezat dan bergizi, pergunakan tepung dari beras yang ditumbuk sendiri atau istilah jawanya ditutu. Caranya, beras direndam dalam air hasil perasan daun pandan atau daun suji selama kurang lebih lima jam. Ditiriskan, lalu ditumbuk hingga halus menggunakan lumpang atau ulegan biasa. Selanjutnya tepung beras diberi sedikit garam lalu di kukus hingga setengah matang.
  2. Setelah dikukus setengah matang diamkan hingga dingin. Ayak tepung dengan saringan berlubang hingga menjadi adonan berpasir atau kasar. Setelah itu angin-anginkan adonan beras tumbuk tersebut hingga kering.
  3. Siapkan pengukus hingga air mendidih
  4. Siapkan cetakan bambu, masukan adonan setengah ukuran bambu, masukan gula jawa atau gula aren secukupnya, tutup lagi dengan adonan. Anda tidak perlu menekan-nekan hingga padat. Adonan tepung setengah matang tersebut masih akan mengembang dan padat dengan sendirinya setelah dikukus
  5. Tata cetakan bamboo yang telah terisi adonan ke dalam kukusan dalam posisi berdiri.
  6. Kukus selama 20 menit atau hingga putu bamboo kira-kira sudah matang.
  7. Angkat, sajikan di atas piring yang sudah dialasi daun pisang, taburi dengan parutan kelapa
  8. Putu bamboo siap disajikan

Jika Anda ingin lebih praktis, enggan menumbuk tepung beras sendiri, Anda bisa mengganti beras dengan tepung beras instan yang siap digunakan. Untuk mendapatkan adonan tepung untuk kue putu dari tepung beras instan adalah tepung diaduk dengan air rebusan daun pandan atau daun suji yang telah diberi garam secukupnya dan dituangkan sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi butiran-butiran. Adonan kemudian di ayak dengan cara yang sama dengan apa yang sudah dijelaskan diatas.

Namun, putu bambu tradisional dengan bahan beras asli yang ditumbuk sendiri akan menghasilkan putu bambu dengan rasa dan aroma yang lebih legit. Gurihnya beras alami yang dipadu manisnya gula kelapa lebih terasa. Selain itu, Putu bambu dengan pilihan bahan-bahan terbaik yang Anda buat sendiri di dapur Anda ini bisa juga Anda modifikasi lagi dengan mengganti beras organic putih dengan beras merah organic atau beras hitam. Gizi yang terkandung dalam kue putu bambu tradisional bikinan Anda akan semakin meningkat.

Baca Juga : Resep Keripik Tahu dan Resep Mie Telur

Dengan demikian, kue putu bambu ini juga bisa dinikmati sebagai bahan makanan untuk balita Anda, karena terbuat dari tepung beras asli, memiliki tekstur yang lembut dan mudah dimakan. Jika Anda ingin memberikannya pada balita Anda, Anda bisa mengurangi komposisi gula dan garamnya. Resep Putu bambu lezat dan bergizi ini akan menjadi makanan tambahan pendamping ASI yang baik untuk balita Anda. Demikian juga jika ada anggota keluarga yang memiliki penyakit diabetes, beras biasa dapat diganti dengan beras hitam yang rendah gula. Sehingga siapa saja bisa menikmati kue putu beras yang lezat dan bergizi ini.