Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang

Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang merupakan kuliner khas Indonesia tepatnya berasal dari Sumatera Utara. Masakan ini sudah terkenal di Indonesia, disetiap warung Padang past menyediakan menu yang satu ini. Untuk membuat rendang daging sapi khas Padang sebenarnya tidak terlalu sulit. Resep rendang daging sapi khas Padang yang paling enak bisa didapatkan dalam pembahasan kali ini. Resep ini merupakan resep asli dari Padang yang bisa menjadikan Anda ketagihan dengan rasa rendangnya.

Olahan masakan ini dibuat menggunakan Resep Membuat Rendang Sapi dengan bumbu yang sangat komplit dengan berbagai rempah-rempah nusantara yang akan menjadikan masakan ini menjadi lebih nikmat. Rendang dapat diolah menggunakan menggunakan bahan utama seperti daging sapi, ayam,hati, bebek, telur, suir, kambing, dan lainnya. Namun, kebanyakan orang lebih menyukai olahan dengan bahan daging sapi.

Sebelum masuk bagaimana cara memasak resep rendang daging sapi khas Padang, siapkan terlebih dahulu bahan utama dan bumbu-bumbunya. Bahan utama yang digunakan yaitu:

  • 2 kg daging sapi khas dalam
  • Santan kelapa 2 liter

Setelah bahan utama sudah siap, kemudian siapkan bumbu-bumbu yang harus dihaluskan. Bumbu tersebut yaitu:

  • 7 buah bawang putih
  • ½ sdm ketumbar
  • 1 ruas kunyit yang sebelumnya sudah dibakar
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 cm jahe yang sudah dibakar
  • 6 buah kemiri
  • 100 gr cabe merah yang besar
  • 100 gr cabe merah keriting
  • 14 buah bawang merah
  • 1 sdt jinten
  • 2 ½ sdt garam
  • ½ sdt pala yang sudah menjadi bubuk.

Semua bahan bumbu diatas dihaluskan bisa dengan menggunakan blender maupun secara manual. Setelah bumbu tadi siap, siapkan beberapa bumbu lainnya, yaitu:

  • 3 batang serai yang dimemarkan
  • 2 lembar daun kunyit
  • 4 cm asam kandis
  • 5 helai daun jeruk

Setelah semua bahan dan juga bumbu dari resep rendang daging sapi khas Padang ini sudah siap, berikut cara membuatnya.

  1. Siapkan wajan yang besar, letakkan diatas api yang sedang. Masukkan santan kelapa dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk terus sampai mengeluarkan bau harum.
  2. Tambahkan asam kandis, daun jeruk, daun kunyit, dan juga serai yang sudah dimemarkan. Aduk rata sampai 30 menit dan santan tidak pecah. Agar santan tidak pecah aduk seperti orang yang sedang menimba.
  3. Setelah 30 menit masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong. Tambahkan garam dan masak sampai santan benar-benar mengental dan tidak ada santan lagi.
  4. Aduk sampai daging menjadi empuk dan mengental. Setelah matang sajikan dengan nasi hangat.

Jenis Rendang

Masakan ini biasa disajikan untuk acara-acara penting, namun penyajiannya yang mudah juga dapat dibuat di rumah dan disajikan untuk keluarga tercinta. Masakan rendang memiliki tiga tingkatan dalam memasaknya. Tingkatan tersebut dilihat dari tingkatan basah yang berkuah hingga yang kering. Tingkatan tersebut adalah gulai, kalio, dan randang. Gulai merupakan tingkatan kuah yang terbasah, sedangkan randang merupakan tingkatan yang paling terkering. Pengolahan rendang dimasak dengan waktu yang cukup lama hingga bumbu benar-benar meresap dan daging sedikit lembut. Hal tersebut menjadikan olahan rendang merupakan masakan yang awet dan dapat bertahan cukup lama tanpa bahan pengawet. Makan ini menjadi salah satu masakan favorit masyarakat Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.

Kandungan Gizi Rendang

Resep olahan daging ini juga memiliki kandungan gizi dan energi yang baik untuk tubuh, terutama jika dikonsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan. Masakan rendang memiliki banyak kandungan energi, yaitu sekitar 193 kilokalori. Mengkonsumsi masakan tersebut akan memberikan energi yang sangat cukup. Selain itu, olahan tersebut juga memiliki kandungan protein sebanyak 22,6 gram. Berikut ini merupakan kandungan gizi secara rincinya; Energi 193 kkal; Protein 22,6 gr; Lemak 7,9 gr; Karbohidrat 7,8 gr; Kalsium 474 mg; Fosfor 211 mg; Zat Besi 14,9 mg; Vitamin A 69 IU; Vitamin B1 0,12 mg; dan Vitamin C 0 mg.

Oleh karena itu, mengkonsumsi masakan rendang akan membuat rasa kenyang bertahan cukup lama. Kandungan lainnya adalah karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A dan B1, Vitamin C. Tentu saja segala kandungan tersebut akan bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Namun, dalam mengkonsumsinya sebaiknya tidak berlebihan. Jadi, selain menikmati kelezatan yang diberikan oleh dading yang diolah menjadi rendang tersebut, Anda juga akan menikmati berbagai kandungan baik dari olahan Rendang Sapi Spesial yang dibuat sendiri. Saat ini banyak resep masakan untuk olahan Rendang Sapi dengan berbagai variasi yang dapat Anda coba.

Membuat resep rendang daging sapi khas Padang tidak terlalu rumit tapi membutuhkan tenaga dan juga waktu yang lama. Agar daging cepat empuk sebaiknya sebelum dimasukkan, daging dimemarkan dulu dengan menggunakan kayu. Jika Anda ingin rendang awet dan tahan lama sebaiknya kemas dengan menggunakan plastik kemudian dipres dengan alat khusus agar bisa awet sampai satu minggu.