Resep Klapertart Panggang Lezat, Padat dan Mudah

Resep Klapertart Panggang Lezat, Padat dan Mudah. Mungkin banyak dari Anda yang masih awam mengenal kue klapertart. Berbeda halnya dengan ada yang sudah pernah berkunjung ke kota Manado yang pastinya sudah mengenal hidangan kuliner khas Sulawesi Utara ini. Manado memang kota pusatnya kue klapertart yang enak dan kental bergaya khas makanan Belanda. Bahkan keberadaan kue klapertart telah ada semenjak ratusan tahun yang lalu, semenjak bangsa Belanda menjajah Indonesia. Sampai saat ini, hidangan klapertart menjadi begitu popular bagi masyarakat Manado.

Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman mulai banyak masyarakat yang mengenal kuliner khas yang satu ini. Kue klapertart sebenarnya dibuat dari bahan-bahan yang sama seperti pada kue secara umumnya, yakni susu, tepung terigu, mentega dan kelapa. Hanya saja, kue yang satu ini proses pembuatannya tergolong lebih mudah dibandingkan jenis kue yang lainnya. Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang resep klapertart panggang yang mudah dan enak.

Dibanding Kue klapertart kukus, kue klapertart panggang memiliki tekstur lebih padat dibandingkan klapertart kukus. Meskipun begitu, banyak orang yang menggemari kue klapertart panggang ini. Kue khas Manado ini sangat cocok jika diolah melalui cara dipanggang. Kue klapertart panggang ini sangat lezat dan cocok disantap pada keadaan yang dingin. Untuk itu, kue yang satu ini umumnya dimasukkan pada lemari es lebih dulu untuk disantap kemudian. Tak hanya rasa original, kini kue klapertart telah dikembangkan ke dalam aneka varian rasa.

Anda bisa membuat aneka rasa klapertart panggang seperti rasa cokelat, keju, blueberry hingga lainnya. Kue klapertart awalnya terkenal sebagai kue yang tinggi kalori, akan tetapi banyak orang yang membuat kue ini dengan meminimalkan kandungan kalori di dalamnya. Sehingga tak jarang kini kue klapertart yang rendah kalori dimanfaatkan untuk orang yang tengah menjalani diet. Dengan rasanya yang gurih, namun mengandung kalori rendah menjadikan kue ini sebagai menu makanan alternatif untuk diet.

Ketika Anda berkunjung ke kota Manado, pastinya sangat mudah untuk menjumpai kue klapertart ini. Akan tetapi, tentunya makanan yang satu ini sulit dijumpai di kota-kota mana pun yang ada di Indonesia selain Manado. Untuk itu, jika Anda ingin mencoba makanan khas kota Manado ini tak ada salahnya untuk mencoba resep klapertart panggang. Dengan membuat sendiri kue klapertart di rumah, pastinya Anda dan keluarga akan menggemari camilan khas Manado ini.

Kue klapertart panggang khas Manado rasanya lebih renyah, gurih dan manis. Makanan yang satu ini bisa disajikan saat ada acara-acara keluarga. Anda juga tak perlu khawatir jika mengadakan acara selamatan atau arisan di rumah, sebab makanan yang satu ini bisa dihidangkan untuk disajikan kepada para tamu undangan. Bagi Anda yang penasaran dengan resep klapertart panggang, berikut ini kami ulas cara-caranya!

Resep Klapertart Panggang
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Resep klapertart panggang mudah dan enak. Kue klapertart khas Manado sangat lezat dan gurih, untuk itu banyak digemari masyarakat Manado sejak zaman Belanda
Author:
Recipe type: Resep Bolu
Cuisine: Indonesia
Serves: 6
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan yang digunakan:
  • 125 gram tepung maizena
  • 750 cc fresh milk
  • 75 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 250 cc fresh cream cair
  • ¼ sdt kayu manis bubuk
  • 3 butir kelapa muda
  • 150 gram margarin
  • ¼ sdt vanilla essence
  • ¼ sdt kayu manis bubuk
  • 9 butir kuning telur lalu kocok lepas
Bahan untuk topping:
  • Kayu manis bubuk
  • Kenari cincang
  • 50 gram gula pasir
  • Kismis secukupnya, lalu rendam pada air hangat sebentar saja
  • 9 butir ayam telur, ambil bagian putihnya
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama campurkan terlebih dulu tepung terigu, tepung maizena dan fresh cream cair sampai tercampur merata kemudian sisihkan.
  2. Langkah berikutnya didihkan susu murni yang masih segar atau fresh milk bersama gula pasir pada api sedang sampai mendidih. Lalu tambahkan fresh cream kemudian aduk adonan secara merata dan cepat sampai mengental. Lalu matikan api, tambahkan margarin kemudian aduk secara perlahan sampai merata.
  3. Selanjutnya aduk lalu tambahkan kuning telur pada adonan sedikit-sedikit hingga merata. Kemudian tambahkan kelapa muda, vanilla essence, dan kayu manis bubuk dan aduk kembali sampai merata.
  4. Langkah berikutnya masukan adonan pada loyang alumunium, bisa juga memakai cetakan kecil tahan panas. Lalu oven hingga kurang lebih 20 menit pada suhu sekitar 160 derajat celcius.
  5. Untuk pembuatan topping, siapkan gula halus atau gula pasir bersama putih telur dan kocok dengan menggunakan mixer sampai kaku, kemudian masukkan pada plastik segitiga
  6. Bila adonan sudah setengah matang, lalu semprotkan adonan untuk toping tadi pada atasnya, kemudian taburi kenari beserta kismis cincang lalu oven kembali hingga 20 menit sampai adonan topping warnanya berubah kecokelatan.
  7. Kemudian keluarkan adonan lalu taburi kayu manis powder kemudian dinginkan dalam lemari es.
Nutrition Information
Serving size: 7 Calories: 189Kcal

Baca Juga : Resep Rainbow Cake dan Resep Cup Cake

Itu dia langkah-langkah mudah resep klapertart panggang yang praktis dan mudah. Klapertart panggang sangat lezat dan nikmat disajikan kala dingin. Anda bisa menyantap kue klapertart ini bersama keluarga tercinta atau untuk hidangan para tamu.