Resep Nasi Uduk Betawi

Resep Nasi Uduk Betawi – Nasi uduk merupakan salah satu makanan rakyat yang sangat khas dari Indonesia. Nasi uduk sendiri sebenarnya berasal dari daerah Betawi di Jakarta. Meski berasal dari Betawi, Anda dapat menemukan makanan ini di berbagai tempat dan rumah makan yang tidak hanya ada di seputaran jakarta namun juga di Jawa Tengah, Yogya, hingga Jawa Timur. Jika Anda ingin menikmati nasi uduk betawi komplit, Anda dapat menyisihkan waktu senggang Anda dan langsung meluncur di seputar daerah jakarta untuk menikmati kenikmatan salah satu varian olahan nasi ini.

Rasanya yang sangat khas dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di berbagai kalangan, membuat nasi uduk lebih populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan, harga nasi uduk yang dijual pun terbilang cukup murah dan merakyat sama juga seperti resep nasi goreng. Nasi uduk sendiri biasanya dijadikan santapan saat sarapan. Nasi uduk juga bisa dihidangkan dengan tambahan sayur maupun lauk pauk tergantung dari masing-masing orang. Tambahan sambal pada nasi uduk juga bisa lebih menggugah selera para penikmat kuliner nasi uduk.

Sebenarnya, nasi uduk sendiri tak hanya dihidangkan untuk sarapan saja. Seringkali kuliner yang satu ini dihidangkan dalam acara-acara besar seperti selamatan, acara ulang tahun, hingga arisan. Nasi uduk ini memang pantas digemari seluruh lapisan masyarakat Indonesia, karena rasanya yang sangat gurih dan lezat. Cara membuat nasi uduk pun cukup praktis dipraktekkan. Tak hanya rasanya saja, yang paling khas dalam nasi uduk ini adalah aromanya yang sangat wangi. Dalam artikel ini, kita akan membagikan resep nasi uduk betawi yang lezat dan gurih untuk bisa dinikmati oleh Anda sekeluarga.

Adapun resep nasi uduk betawi yang bisa Anda coba dan praktekkan di rumah adalah sebagai berikut:

Resep Nasi Uduk Betawi
 
Prep time
Cook time
Total time
 
Pelajari Berikut Ini Bagaimana Cara Membuat Nasi Uduk Betawi Berikut Ini.
Author:
Recipe type: Resep Nasi
Cuisine: Indonesia
Bahan / Bumbu :
Bahan-bahan yang digunakan:
  • 1 gelas beras
  • 2 batang serai
  • 2 iris lengkuas
  • 2 butir cengkeh
  • garam secukupnya
  • 3 lembar daun salam
  • 2 iris jahe
  • 2 gelas santan
  • pala secukupnya
Bahan pelengkap:
  • Tempe goreng
  • Tahu goreng
  • kerupuk
  • ayam goreng
  • telur rebus, belah dua
  • bawang goreng
  • tomat, iris
  • timun, iris
Cara Memasak :
  1. Pertama-tama cuci beras terlebih dahulu sampai bersih, kemudian tiriskan.
  2. Sementara itu, masak rempah-rempah berikut santan pada api yang sedang sampai matang. Untuk memasak nasi uduk, ada perbandingan antara air santan dan juga beras. Dimana perbandingannya adalah 2 : 1.
  3. Setelah itu, masukan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam air santan, lalu masak sampai air santan menyusut.
  4. Setelah mengering, kukus nasi tadi dan masukan ke dalam microwave atau rice cooker. Kukus sampai matang.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama bahan pelengkap.
Notes
Resep nasi uduk Betawi memang cukup mudah, namun tentunya Anda harus memiliki banyak waktu saat memasak nasi uduk untuk sajian keluarga tercinta.
Nutrition Information
Calories: 176Kcal

Olahan Nasi dari Betawi

Nasi dapat diolah menjadi beragam jenis masakan. Nasi sejak zaman orde baru ini dikampanyekan jadi makanan pokok di hampir seluruh nusantara. Hal ini membuat penduduk indonesia semakin merasa bergantung terhadap nasi. Bahkan, beberapa orang ada yang berpendapat bahwa sehari tak bisa makan jika tanpa nasi. Daya kreatif masyarakat indonesia sudah ada sejak zaman dulu. Nasi yang diberi tumisan bumbu lalu digoreng diberi nama nasi goreng. Nasi yang dikukus lalu diberi santan diberi nama nasi gurih oleh orang yogyakarta, jawa tengah, dan sekitarnya. Kekhasan olahan nasi dari betawi ini terlihat dari ditambahkannya irisan jahe, beberapa butir cengkeh, irisan lengkuas, dan sedikit pala. Bumbu lain tidaklah jauh berbeda dari olahan nasi bernama nasi gurih karena sama-sama diberi santan, batang dan daun serai, serta daun salam.

Gizi dalam Olahan Nasi Khas Betawi

Salah satu olahan nasi khas betawi ini tentunya mengandung beragam gizi. Kandungan karbohidrat dalam nasi tentunya akan membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak perlu makan berkali-kali. Selain nasi, komponen utama kedua yang juga berguna sebagai penyedap dan perasa nasi agar terasa lebih gurih juga bergizi tinggi. santan berasal dari perasan air kelapa. Energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, serta zat besi terkandung dalam. Selain itu, ada pula vitamin A, B1, serta C. Gizi dan vitamin juga terdapat dalam aneka rempah-rempah yang ditambahkan, seperti jahe, cengkeh, serta lengkuas yang dapat menghangatkan tubuh.

Olahan nasi dari betawi ini akan lebih sedap, nikmat, dan mengenyangkan jika ditambahkan dengan emping goreng, telur dadar atau ceplok, tahu goreng, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun, serta sambal. Anda dapat memilih sambal kacang atau mencari resep sambal nasi uduk betawi. Protein hewani yang terdapat dalam telur goreng, ayam goreng, serta abon sudah cukup untuk memberikan kontribusi gizi bagi tubuh Anda. ada pula protein nabati dalam tahu goreng dan kering tempe juga tak kalah bermanfaat. Jadi, bukankah tidak ada alasan untuk makan Nasi Uduk Betawi?

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Kuning Yang Enak

Bagaimana, mudah kan resep nasi uduk diatas? Ya, sebagai bahan pelengkap Anda bisa menambahkan makanan apapun sesuai selera Anda. Anda juga bisa membuat sambalnya untuk menambah selera makan Anda bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba resep nasi uduk betawidi atas!